9 Mei 2010

Ide Usaha Langsung di Aplikasikan

Kali ini saya mau menceritakan pengalaman teman saya,
Pada awal awal 2010 teman saya terkena PHK dari sebuah perusahaan asing karena perusahaannya kalah Tender sehingga perusahaan tempat dia bekerja langsung mem-PHK Middle Staff mulai dari site manager, project manager dan country manager termasuk didalamnya teman saya tersebut yang berjabatan sebagai Project Manager (baru 1 bulan disandangnya sebelum PHK).

Apa dikata setelah PHK dia sama sekali tidak berminat lagi melamar pekerjaan lain dan berpikir untuk berwirausaha.
Ide pertama-nya : Berniat menjual minuman es kelapa kemasan dan sasaran pasarnya adalah Mal, sekitar dua minggu dia mencari tempat namun setiap mal yang dia survey penuh dan walaupun ada tempat tempatnya benar-benar tidak strategis.
Bingung????? yup dia sempat bingung, tapi dia tidak mau berlama-lama dan mencoba berkomunikasi dengan saudaranya.
Ide pun terbersit yaitu bisnis Warnet. Dan setelah kalkulasi maka untuk membuka warnet dibutuhkan dana sekitar 100jt. wah problem pun muncul karena mereka hanya punya uang 40jt pas. Sewa tempat, beli unit komputer, kursi, meja, pembuatan kamar2, sewa provider, dan pengeluaran lain lai?????? bingung awalnya.
Namun karena sudah tekat dia pun mulai mengkalkulasi ulang dan memutar otak untuk benar-benar menggunakan modal yang ada.
1. Masalah Komputer
Pada awalnya mereka berencana membeli PC baru namun hal itupun harus di tiadakan dengan mencari komputer-komputer bekas baik yang masih nyala maupun yang sudah mati. Dan akhirnya mereka berhasil mendapatkan beberapa komputer dengan harga yang cukup murah dan memperbaikinya sendiri sehingga mereka berhasil mendapat 12 unit komputer yang siap pakai dan hanya menghabiskan dana 5 jt. Wow.....
2. Masalah Pembuatan kamar2
Awalnya mereka ingin membuat skat dengan menggunakan papan seperti buatan olypic gitulah.... tapi niat ini dibatalkan karena harga yg cukup mahal dan akhirnya mereka hanya menggunakan gorden. Untuk skat setiap room mereka hanya menghabiskan dana 175 ribu..... wow....benar2 pengiritan
3. Kursi dan Meja Komputer
awalnya mereka berencana membuat kursi sebagai tempat duduk namun hal ini diurungkan karena selain biaya yang terlalu mahal namun juga masalah space ruangan. sehingga diputuskan kursi ditiadakan dan tempat duduk lesehan pun menjadi solusi. dan mereka cukup hanya membeli karpet. Sedangkan meja mereka sesuaikan dan memutuskan untuk menukanginya sendiri dengan membeli triplek dari tempat2 orang madura. uang yang dihabiskan untuk ini semua hanya 675rb rupiah.
4. Sewa Tempat
Teman saya tidak mengambil tempat di daerah yang dekat dengan kampus atau sekolah seperti usaha warnet pada umumnya. Tetapi mengambil tempat didaerah pemukiman bisa tetapi usaha warnet dipastikan belum menjamur di daerah tersebut. Dia pun menyewa ruko dengan biaya sewa 20jt/tahun tetapi dengan "bujuk rayu" uang sewa bisa dicicil. heheheh....
4. Sewa Provider
Kunci usaha warnet adalah kecepatan, dan teman saya sangat memahami tentang hal tersebut sehingga dia menyewa provider sendiri yang dijamin kualitas servisnya.
untuk hal ini dia mengeluarkan biaya 6jt rupiah.

Akhirnya bisnis warnetnya yang bernama Logicom pun berhasil didirikan. Sebulan berjalan warnetnya masih sepi-sepi saja, namun hal tersebut tidak berlangsung lama karena info dari mulut ke mulut sangat manjur sehingga saat ini dia sdah berhasil mendapat omset 7-8 jt/bulan. dan sekarang dia berniat membuat usaha sampingan di halaman depan rukonya yaitu cafe kecil2an dengan menu ringan yg spesial....

Nah. sekarang PHK bukan alasan untuk terpuruk tetapi pecut untuk maju asalkan dibarengi KERJA KERAS dan Ide yang ada langsung jalankan, jangan kelamaan mikir, hehehe, itu Tips dari teman saya dan juga Om Bob Sadino (dapat membaca artikel saya sebelumnya).

Ok, salam dari orang Goblok

4 komentar:

  1. Salam kenal mas... terimaksih ats kunjungannya. semoga blog ini ratingnya makin tinggi.

    BalasHapus
  2. Hati saya jadi tergugah membacanya mas, teruskan postingnya ya.

    BalasHapus
  3. pass mantap.. pengalamannya.. bro...

    BalasHapus
  4. Mantaf bosssssssssss lanjutkan ..............

    BalasHapus