7 Mei 2010

Menjadi Wirausaha Dengan Berpikir Goblok


Pada Kamis malam, 06 mei 2010 saya mengikuti wawancara yang dilakukan sebuah televisi swasta nasional kepada sesorang pengusaha yang sudah cukup dikenal yaitu Om Bob sadino.
Bagaimana gak mudah dikenal?? Dengan gayanya yang "konyol" dan sedikit nyentrik dengan selalu memakai setelan celana pendek yang terkesan itu-itu saja (tapi ternyata di punya lusinan setelan yang sama lho...)maka Om Bob sangat mudah ter-identifikasi, hehehe....

Namun bukan gayanya dan stylenya aja yang berpedoman FREEDOM tetapi pemikirannya juga.
saya cukup tertarik dengan pemikiran beliau yang mengatakan " Kalau mau menjadi pengusaha harus "MENGGOBLOKKAN DIRI" terlebih dahulu".
Alasan beliau sederhana saja, "kalau kita menggoblokkan diri maka kita tidak perlu berpikir panjang-panjang untuk memulai usaha, jika ada IDE terbersit langsung "LAKSANAKAN", pendalaman tentang Ide usaha tersebut ya Learning by Doing aja" begitu kata Om Bob dengan gayanya yang kocak dan sedikit nyeleneh....

Saya sangat meng-amini apa yang dikatakan Om Bob tersebut karena dengan menggoblokkan diri alias orang yang merasa tidak tau apa-apa secara otomatis dia akan lebih merendah dan menghilangkan batas-batas kesombongan dalam diri sekalipun dia seseorang yang punya banyak pengetahuan.

Keuntungan yang diperoleh orang yang "Menggoblokkan Diri" :

1. Lebih banyak melakukan daripada berpikir terlalu panjang dan akhirnya menyerah karena perkiraan-perkiraan.

2. Dapat belajar dari siapapun mulai dari pemulung, tukang semir sepatu, pedagang asongan, pedagang kelontong, supir angkot, penjual mie ayam, karyawan profesional, sampe pengusaha handal, dengan kata lain tidak membatasi Sumber Ilmu Pengetahuan.

3. Lebih terampil mengatasi Kegagalan karena pada awalnya dia sudah "menganggap diri Goblok" jadi kalau jatuh gak sakit-sakit amat, hehehe....

Ide Usaha apa yang akan langsung Anda jalankan??? Semoga dapet pencerahan dari Tuhan Yang Maha Pengasih, Amin.

Writed by : Parningotan Sipahutar

5 komentar:

  1. gimana mo menggoblokkan diri, wong saya aja dah goblok kok aslinya xixiixixii

    nice posting, salam kenal sahabat...
    mampir ke rumahku ya http://yangputri.com

    BalasHapus
  2. ok deh yangputrie.... mendingan gaku goblok daripada ngaku pinter padahal....................hikshikshiks.... salam sahabat

    BalasHapus
  3. dahsyat, bener emang terkadang kita banyak berpikir daripada berbuat, talk less do more??????

    BalasHapus
  4. Wuihhh mantapsssss... thanks sob, gw jadi tengsin nih krn kadang2 sombong :)

    BalasHapus
  5. bob sadino .. inspirasiku :)

    BalasHapus