11 Mei 2010

Siapa Pedagang dan Siapa Pengusaha?

Pedagang dan Pengusaha merupakan dua hal yang berbeda tetapi juga sama. Namun pedagang belum dapat dikategorikan sebagai Pengusaha sedangkan Pengusaha pastilah berbasis pada perdagangan baik dalam bentuk produk barang maupun jasa.
Pedagang tidak disebut sebagai pengusaha karena ada perbedaan visi dan misi diantara keduanya. Seorang Pedagang muncul karena tidak ada pilihan lain untuk pekerjaan lain seperti pedagang asongan, pedagang makanan (warung tenda, bakso keliling, dll), pedagang sayur mayur dan sebagainya. Dimana mereka hanya berorientasi pada keuntungan jangka pendek dan tidak memiliki visi jauh kedepan.

Tetapi seorang pedagang akan disebut sebagai pengusaha jika dia dapat terlepas dari visi sempit diatas dengan melakukan pengembagan strategis. Seperti halnya jika dulunya dia seorang pedagang sayur mayur maka dia akan kita sebut sebagai pengusaha jika dia telah berkembang bukan hanya sebagai direct sales kepada konsumen namun telah mampu mengelola produk sayur mayur menjadi komoditi perdagangan yang mencakup beberapa/banyak distributor dan telah mampu menciptakan pasar.

Dari hal tersebut dapat kita katakan bahwa Pengusaha sudah pasti kita sebut sebagai pedagang yang memiliki visi dan misi yang jauh kedepan dan mampu menciptakan pasarnya sendiri sedangkan seorang Pedagang tidak dapat serta merta kita sebut sebagai seorang pengusaha.

Namun terlepas dari apapun itu, jika kita ingin menjadi seorang pengusaha kita harus berlatih untuk menjadi seorang pedagang terlebih dahulu karena sifat seorang pedagang tidak bisa terlepas dari jati diri seorang pengusaha.

Well, just Do It.

2 komentar:

  1. Wah betul mas, karena itu jangan bermimpi menjadi pedagang, tetapi bermimpilah menjadi pengusaha.

    BalasHapus
  2. Pengusaha= pedagang *sama sama USAHA cari uang,yg membedakan hanya skala nya sj.peng USAHA

    BalasHapus